Diklat Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2018

Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan I Tahun 2018 dilaksanakan di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunungsempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul mulai pada tanggal 6 Februari sampai dengan 22 Februari 2018 selama 9 hari kerja dengan sistem on class dan off class.

Tujuan penyelenggaraan Diklat Pengadaan Barang dan Jasa adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta agar memahami proses pengadaan barang dan jasa sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, dan sasaran dalam diklat tersebut adalah aparatur yang dipersiapkan untuk menangani proses pengadaan barang dan jasa di unit kerjanya masing-masing.

Peserta Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan I Tahun 2018 berasal dari Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang didominasi oleh ASN yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan I Tahun 2018

Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta mengirimkan 2 orang kandidat untuk mengikuti diklat tersebut, yaitu Digdoyo Budi Widodo, S.Si. dan Haryra Achyulisar Alryanto, S.Or, yang telah berhasil masuk dalam 5 peringkat terbaik.

Pada hari ini, 22 Februari 2018, kegiatan diklat tersebut selesai dan ditutup. Acara penutupan diklat diawali dengan penyampaian pesan dan kesan oleh salah satu orang perwakilan peserta.

Digdoyo Budi Widodo, S.Si.

Digdoyo Budi Widodo, S.Si.

Dalam pesan dan kesannya disampaikan, bahwa Diklat Pengadaan Barang dan Jasa ini sangat bermanfaat terutama bagi aparatur yang yang dipersiapkan untuk menangani proses pengadaan barang dan jasa di instansi kerjanya. Selain itu juga diungkapkan, bahwa penyelenggara dan fasilitator telah menjalankan peran dan tugasnya dengan baik sehingga para peserta dapat mengikuti diklat dengan baik dan mendapatkan pemahaman materi yang baik pula.

Evaluasi yang dilakukan terhadap peserta Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan I Tahun 2018, sebanyak 30 orang peserta dinyatakan lulus semua dengan kualifikasi kelulusan “Memuaskan” sebanyak 8 orang dan “Cukup Memuaskan” sebanyak 22 orang.

Berikut 5 peringkat terbaik Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan I Tahun 2018:

  1. Pandita Pratyaksa, SP., MM., dari Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY
  2. Sujendra dari SLB N 1 Sleman
  3. Haryra Achyulisar Alryanto, S.Or dari Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta
  4. Digdoyo Budi Widodo, S.Si., dari Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta
  5. Ika Nurhidayanti dari SMA N 1 Samigaluh

5 Peringkat Terbaik Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan I Tahun 2018

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan, penyelenggaraan Diklat Pengadaan Barang dan Jasa sebagai salah satu bentuk implementasi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih di lingkungan Pemda DIY khususnya.

“Keikutsertaan Bapak/Ibu sekalian dalam pelaksanaan diklat ini tentunya akan menambah referensi ahli pengadaan barang/jasa baru bagi Pemerintah DIY,” ujar Bapak Kuncoro Cahyo Aji.

Lebih jauh beliau menuturkan, dengan bertambahnya sumber daya Aparatur Pemerintah yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan kompetensi di bidang Pengadaan Barang/Jasa mudah-mudahan akan menciptakan kondisi yang ideal dalam penyelenggaraan proyek-proyek di lingkungan Pemerintah DIY.

Sumber: Website Badan Diklat DIY